Sejarah Tentang Perkembangan Musik di Negara Indonesia!

Sejarah Tentang Perkembangan Musik di Negara Indonesia – Musik ditemukan di setiap budaya, baik masa lalu maupun masa kini, menyesuaikan antara waktu dan tempat. Karena semua orang di dunia, termasuk kelompok suku yang paling terisolasi pun memiliki bentuk musik, dapat disimpulkan bahwa musik mungkin telah hadir di leluhur manusia sebelum penyebaran slot resmi manusia di seluruh dunia. Akibatnya, musik mungkin telah ada selama setidaknya 55,000 tahun dan musik pertama mungkin telah ada di Afrika dan kemudian berkembang menjadi bagian dasar dari kehidupan manusia. Berikut adalah Sejarah Tentang Perkembanagan Musik Di Indonesia.

Seni musik di Indonesia telah muncul dan berkembang sejak lama, pada zaman jauh sebelum masuknya agama Hindu-Buddha. Sehingga bisa dikatakan bahwa seni musik telah melampaui batas bahasa, kebudayaan, bahkan agama.

Musik di Indonesia telah mengalami perubahan dari masa ke masa. Sekarang telah hadir berbagai musisi di Indonesia dengan berbagai jenis musik yang seringkali melupakan ciri khas dari musik Indonesia. Musik Indonesia atau Musik Nusantara yang menggambarkan Indonesia, mengalami perubahan dari era Hindu-Buddha hingga era modern.

Perkembangan musik di Indonesia mengalami pengaruh besar pada masa Hindu-Buddha. Musik yang digunakan sebagai salah satu kegiatan ritual masyarakat. Musik atau suara-suara yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentu yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Alat musik yang diciptakan berasal dari alam sekitar. Salah satunya adalah alat musik bambu yang seringkali disebut kledi.

Alat musik yang masuk pada masa itu salah satunya alat musik rebana dan gambus. Kedua alat musik itu masih dipertahankan oleh masyarakat hingga saat ini. Kemudian, pada masa kolonialisme yang ditandainya dengan maraknya bangsa barat di Indonesia pun berpengaruh pada musik di tanah air.

Ketika memasuki musik modern dengan efek dari globalisasi. Berbagai jenis aliran musik mulai masuk ke Indonesia, seperti : pop, jazz, blues, rock, R&B, hingga musik-musik India. Musik di Indonesia muncul dengan berbagai perpaduan unsur-unsur dari musik asing dengan musik Nusantara. Perpaduan antara unsur-unsur kedaerahan dengan unsur musik Barat menghasilkan musik etnis.

Pada Tahun 70an dangdut adalah salah satu genre yang paling digemari anak muda. Kemudian muncul juga Rhoma Irama yang kita kenal sebagai raja dangdut fenomenal dan karya-karyanya yang begitu digemari oleh masyarakat. Dangdutjuga merupakan salah satu musik yang dianggap berkelas pada saat itu.

Kemudian di tahun 90an lagu-lagu yang di sukai masyarakat indonesia adalah aliran Pop melayu. Memasuki tahun 2000-an, tren aliran musik di masyarakat Indonesia berubah ke lagu Pop dengan munculnya band-band seperti Padi, Ungu, Samson, Peterpan, Dewa19, dan lainnya.

 

Be the first to leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *