Video Di Take Down, Lofi Girl Tegur Pihak Youtube

Pecinta musik Hip-Hop, tentunya tidak asing dengan channel YouTube Lofi Girl. Ini yakni channel YouTube yang berisi video musik nyanyian-nyanyian bertempo rendah, dengan thumbnail ikonik. yakni seorang gadis yang sedang duduk sambil mengaplikasikan headphone besar. Channel Lofi Girl memiliki jumlah subscriber puluhan juta, dengan jumlah penonton menempuh ratusa juga orang.

Namun sejumlah video dalam channel tersebut terpaksa dihapus dari YouTube, karena dianggap melanggar hak cipta. Lewat akun Twitter-nya @lofigirl, pemilik kanal mengumumkan seandainya YouTube telah menegur channelnya, karena adanya pelaporan mengenai hak cipta.

Pelaporan tersebut datang dari Malaysia yang mengklaim bahwa kanal LoFi Girl telah melanggar hak cipta. Namun baru-baru ini diketahui bahwa klaim tersebut ternyata palsu. Youtube malah sedang mengupayakan agar dua konten streaming milik LoFi girl yang telah mengudara selama sekitar dua tahun tersebut untuk dikembalikan.

hitoprecords.com

Apa itu Lofi Girl?

Lofi Girl alias Low Fidelity yakni aliran musik yang bertempo rendah dan mengalir tanpa sela. Di kanal YouTube-nya, Lofi Girl tenar dengan thumbnail seorang perempuan yag sedang duduk sambil menggunkan headphone besar.

Kanal itu awalnya diberi nama “ChilledCow’, pertama kali dibuat oleh musisi Dmitri pada 2015, lalu berganti nama menjadi Lofi Girl pada 2021.

Layak dengan namanya, nyanyian-nyanyiannya memberikan ketenangan dan meningkatkan fokus bagi para pendengarnya.

Bukan kali ini saja Lofi Girl mendapat teguran dari YouTube. Sebelumnya channel itu pernah mendapat teguran dari Studio Ghilbi pada 2017 karena mengaplikasikan GIF anime whisper of the heart yang berujung pada pelaporan penerapan hak cipta.

Tegur Pihak Youtbe

Sesudah Lofi Girl mengumumkan teguran lewat Twitternya, pihak YouTube spontan membalas cuitan akun tersebut dengan meminta maaf atas dihapusnya video dan memintanya agar bersabar untuk memulihkan video agar kembali normal.

“Kami memproses teguran + memulihkan video anda – kadang butuh waktu sekitar 24-48 jam agar semuanya kembali normal! maaf banget untuk kejadian ini & terima kasih atas kesabaran anda saat kami menuntaskannya,” terang YouTube.

Sebelumnya dikabarkan bahwa YouTube menghapus video Lofi Girl yang telah mengudara selama kurang lebih 21 ribu jam karena ada klaim hak cipta dari FMC Music Sdn Bhd Malaysia. Dikala ini, Lofi Girl memiliki satu teguran hak cipta yang kemudian diketahui bahwa klaim tersebut palsu.

Youtube malah meminta maaf atas kejadian yang kembali menimpa akun Lofi Girl ini.

Be the first to leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *